Sgarbossa's Criteria - Infark Miokard pada LBBB

3/12/2023
Kalkulator Kriteria Sgarbossa

Pilih ya atau tidak untuk setiap kriteria Sgarbossa di bawah ini:


ST elevasi konkordan > 1 mm di lead dengan QRS positif




ST depresi konkordan > 1 mm di V1-V3




ST elevasi diskordan > 5 mm di lead dengan QRS negatif







Sgarbossa's Criteria - Infark Miokard pada LBBB

Kriteria Sgarbossa adalah kriteria yang digunakan untuk membantu dalam mendeteksi serangan jantung pada pasien yang mengalami LBBB. Kriteria ini awalnya diusulkan oleh Dr. Elena Sgarbossa pada tahun 1996.


Terdapat tiga kriteria Sgarbossa:

  1. ST elevasi konkordan > 1 mm di lead dengan QRS positif: Jika ada elevasi ST ≥ 1 mm pada lead dengan QRS positif, ini dapat menunjukkan adanya infark miokard yang sedang berlangsung pada area yang terkait dengan lead tersebut. Jika kriteria ini terpenuhi, maka skor Sgarbossa diberikan 5 poin.
  2. ST depresi konkordan > 1 mm di V1-V3: Jika terdapat depresi ST ≥ 1 mm pada lead V1-V3 yang berkorelasi dengan QRS negatif, maka ini dapat menunjukkan infark miokard yang sedang berlangsung pada area anterior. Kriteria ini dapat memberikan skor 3 poin.
  3. ST elevasi diskordan > 5 mm di lead dengan QRS negatif: Jika terdapat elevasi ST diskordan ≥ 5 mm pada lead dengan QRS negatif, ini dapat menunjukkan adanya infark miokard yang sedang berlangsung pada area yang terkait dengan lead tersebut. Kriteria ini memberikan skor 2 poin.


Dalam interpretasi skor Sgarbossa, skor ≥ 3 dianggap positif dan mengindikasikan kemungkinan adanya infark miokard pada pasien dengan LBBB.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.